image descriprion
image descriprion

Objek Wisata Alam Air Panas Cangar

Air Panas Cangar merupakan tempat objek wisata alam berupa pemandian air panas alami yang berasal dari gunung Welirang

  • Ulasan 1 Ulasan
    5.00 / 5
  • Harga Tiket Masuk
    • Wisatawan Lokal : Rp. 11.000 / orang
    • Wisatawan mancanegara : Rp. - / orang
    • Parkir mobil : Rp. 5.000
    • Parkir motor : Rp. 3.000
  • Jam Operasional
    • Senin - Minggu : 08.00 - 16.00 WIB
  1. PEMANDIAN AIR PANAS  

    Pemandian air panas ini merupakan objek wisata unggulan di OWA Cangar. Daya tarik utama berupa air panas alami yang bersumber dari kaki gunung Welirang yang masih aktif, tidak berbau belerang dengan suhu sekitar 35°-45°. Objek wisata ini sangat digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena dipercaya apabila berendam dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti stroke, penyakit kulit, asma, dll. Landscape objek ini cenderung landai dan pemandangannya sangat indah dan alami karena adanya tutupan berbagai vegetasi khas pegunungan yang rapat sehingga udaranya sangat sejuk. Selain itu, komplek kolam pemandian air panas ini mempunyai taman bermain yang menarik untuk anak-anak.

  2. KAMAR BERENDAM  

    Terdapat tiga kamar berendam air panas alami, untuk menikmati berendam air panas alami di kamar ini, harus membayar tiket masuk per orang di luar tiket masuk gerbang utama OWA Cangar. Tiket untuk kamar ini paling mahal di banding kolam lainnya, karena di sini akan menikmati air panas dengan temperatur lebih kurang 42.5° dan kecepatan pengeluaran air panas sangat deras.

  3. PLAYGROUND  

    Play ground merupakan taman bermain untuk anak-anak setelah berenang di kolam air panas atau mereka yang tidak bisa berenang bisa memakai sarana ini, terletak di sekitar kolam air panas. Sebagai hiburan anak-anak, seperti perosotanm ayunan, serta arena outbound bagi anak-anak seperti Flying Fox, dengan sedikit tantangan sehingga dapat memberikan kesegaran fisik dan mental anak-anak dari kejenuhan aktifitas. Hal ini ditunjukkan agar anak-anak dapat mengenal lebih dekat dengan alam serta untuk mengajak generasi muda untuk dapat menjaga kelestarian hutan.

  4. GOA JEPANG  

    Terletak di Objek Wisata Pemandian Air Panas Cangar. Goa ini letaknya menyebar sebanyak 5 goa, namun hanya 1 yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya berdekatan dengan kolam pemandian (kurang dari 1 km). Merupakan goa buatan sisa-sisa peninggalan tentara jepang pada waktu perang dunia II. Bentuk, letak dan susunan bangunan goa sangat unik, menunjukkan bahwa goa ini sengaja dibuat dengan letak agak tersembunyi, namun letak goa tersebut mudah dijangkau dan semuanya mempunyai panorama hutan yang masih sejuk dan segar.

  5. JOGGING TRACK  

    Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam dengan berjalan kaki, di dalam hutan Tahura Raden Soerjo terdapat Jogging Track mengelilingi areal berhutan di sekitar pemandian air panas Cangar. Tracknya mengitari pemandian air panas Cangar dan dibuat anak tangga sehingga memudahkan wisatawan untuk mengaksesnya. adanya jogging track juga membuat wisatawan dapat melihat pemandangan hutan alam sambil olahraga dengan udara yang sejuk

  6. CAMPING GROUND  

    Bagi para pecinta alam yang ingin menikmati kehidupan alam bebas di dalam hutan, di OWA Cangar kawasan Tahura Raden Soerjo juga terdapat Bumi Perkemahan (Camping Ground) terletak di sebelah selatan pintu masuk belakang di sekitar Pendopo dan areal parkir dengan topografi mendatar cukup luas, menghadap pemandangan puncak gunung Welirang.

  7. PENDOPO  

    Terdapat satu unit pendopo dan areal parkir yang cukup luas terletak di pintu masuk belakang. Pendopo ini sering disewa bagi pengunjung rombongan, sebagai sarana pertemuan dan panggung kesenian untuk para pengunjung yang ingin melakukan aktifitas hiburan lainnya. Selain pendopo, areal sekitar pendopo juga sering digunakan sebagai lokasi camping. Di lokasi ini dapat melohat pemandangan panorama Gunung Welirang.

  8. AULA  

    Fasilitas - fasilitas di OWA Cangar salah satunya adalah Aula merupakan gedung tempat pertemuan tertutup dengan kapasitas 200 orang terdiri satu ruang utama, satu ruang kecil, dua kamar mandi air panas alami. Untuk jaringan air bagus dan penerangan digunakan jaringan listrik dari PLN. terletak di dekat pondok wisata dan Mushollah yang dihubungkan dengan pedestrian.

  9. PONDOK WISATA  

    Terdapat pondok wisata untuk menginap yang dikelola oleh Tahura Raden Soerjo, terletak di sekitar Aula dan Mushollah OWA Cangar yang masing-masing di hubungkan dengan pedestrian. Pondok wisata ini terdiri dari 2 rumah. Pondok wisata ini digunakan sebagai penginapan tamu Tahura sehingga tidak dikelola secara komersil. Peminjaman kompleks penginapan ini dapat dilakukan dengan cara mengurus surat perizinan ke kantor UPT Tahura Raden Soerjo dan membayar sesuai dengan tarif yang berlaku.

  10. FOREST BATHING  

    Forest Bathing merupakan salah satu alternatif untuk relaksasi yang dikenal dari Jepang. Terapi relaksasi ini telah menjadi landasan perawatan kesehatan preventif dan penyembuhan dalam pengobatan alternatif Jepang, sekaligus dipercaya dapat menurunkan tingkat stres pada seseorang.

Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Cangar ini masih belum ada kendaraan umum atau angkutan umum yang dapat mengantar dan menjemput kalian ke tempat tersebut. Sehingga untuk ke tempat pemandian air panas ini otomatis kalian harus membawa mobil atau motor pribadi, mungkin juga kalian dapat menyewa mobil dari kota Batu maupun dari kota Malang untuk menuju tempat tersebut.

Jarak dari pusat kota Batu Malang kurang lebih sekitar 20 km saja, waktu yang dibutuhkan dalam menempuh jarak tersebut hingga sampai ke tempat pemandian air panas tersebut kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Area pemandian air panas tersebut masih berada dalam satu area dengan wilayah Taman Hutan Rakyat Raden Suryo. Tempatnya merupakan perbatasan dengan Kabupaten Mojokerto.

Dalam perjalanan menuju ke area pemandian air panas, kalian dapat melihat ladang dan kebun penduduk yang hijau. Yang nuansa pegunungannya masih terasa alami dan asri. Tetapi kalian harus hati-hati dikarenakan jalan untuk menuju tempat wisata ini begitu banyak jalanan yang berkelok, menanjak, menikung tajam, sering juga terdapat cerita-cerita mistis, horror dan angker. Terutama ketika kendaraan yang kalian gunakan tak kuat untuk menanjak jalan tersebut. Di daerah jalan itu yang menuju ke are pemandian air panas Cangar terdapat papan peringatan untuk hal tersebut.

Tetapi kalian tidak usah khawatir tentang keadaan jalannya, karena semua jalan menuju tempat pemandian air panas sudah beraspal semua. Ada rute perjalanan untuk menuju tempat wisata pemandian air panas Cangar ini, banyak yang menyarankan untuk melalui rute alun-alun kota Batu Malang menuju ke arah barat lalu kemudian terdapat perempatan dan belok ke kanan. Obyek wisata pemandian air panas Cangar tersebut, satu jalur ke arah dengan Coban Talun dan Selecta Malang. Sehingga kalian tak perlu khawatir untuk tersesat, karena banyak wisatawan yang berada di rute tersebut. Kalian akan menikmati jalanan berkelak – kelok dengan disertai pemandangan yang indah dan kalian juga dapat merasakan makanan khas area tersebut, yaitu tape ketan. Makanan khas tape ketan tersebut sudah terkenal, disebabkan berjualannya dilaksanakan dengan cara turun menurun selama puluhan tahun, jadi dari nenek moyang hingga cicit – cicitnya didaerah Cangar ini.

Rating 5.00 / 5
Nama
Email
Ulasan
Nilai
KIRIM
LETAK GEOGRAFIS

Objek Wisata Alam Cangar merupakan bagian kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang peruntukannya sebagai blok pemanfaatan seluas 24,79 ha terletak pada posisi 7° 44' 16,86" - 7° 44' 44,23" LS dan 112° 31' 53,76" - 112° 32' 16,55" BT, di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Areal ini memiliki tipografi datar, landai dan curam dengan ketinggian 1500 mdpl. pada areal datar dan landai ini banyak dijumpai sarana dan prasarana kegiatan pariwisata alam diantaranya outbound dan camping ground.

Tempat wisata ini ada di ketinggian 3.000 meter di atas dari permukaan laut, pemandian tersebut mempunyai suasana yang sejuk dan cukup nyaman. Lain dari itu, lebatnya pepohonan yang mengitari pemandian ini menjadikan kesan terlihat asri dan permai di tempat wisata tersebut. Pemandian air panas Cangar ini terletak di area Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Tak hanya menikmati hangat yang alami, kalian juga dapat melihat bermacam-macam fauna yang hidup liar di area hutan ini. Salah satu contoh fauna yang menempati dan tinggal di sekitar wilayah hutan ini yaitu Lutung Jawa. Perasaan nyaman ketika kalian berendam akan terasa semakin nikmat, karena akan di temani dengan kicauan burung yang bersahutan satu dengan lainnya. Kalian pun otomatis akan merasa betah dan bertahan berendam dengan lama atau hanya untuk bermain – main air di tempat pemandian air panas ini.

Di tempat pemandian air panas Cangar ini telah disiapkan kolam – kolam akan dipakai untuk berendam para wisatawan yang datang. Bahkan jenisnya juga ada bermacam-macam kolam, salah satunya seperti kolam yang dikhususkan untuk wanita. Kolam ini dibuat tertutup sehingga privasi untuk wanita tetap terjaga.Ada juga kolam khusus untuk berendam yang sengaja dibuat dan di desain seperti tempat sauna di Jepang. Sehingga satu kamar mandi hanya dapat dipakai untuk satu orang tidak lebih. Sehingga kalian tidak perlu malu kalau berendam dengan orang lain yang tidak dikenal. Di area sumber mata air tersebut dikelilingi dengan pepohonan yang lebat dan hijau. Tidak hanya itu, disana terdapat gua – gua dari peninggalan penjajahan negara Jepang.

Tempat tersebut masih alami, sehingga membuat banyak monyet – monyet yang bertahan hidup dan tinggal disitu. Sehingga kalian tidak perlu kaget, kalau kalian tiba-tiba saja bertemu hewan itu. Di area tempat pemandian air panas ini terdapat bermacam – macam goa buatan yang merupakan salah satu peninggalan pada masa kedudukan penjajahan Jepang, yaitu pada sekitar tahun 1942 sampai dengan tahun 1945. Goa jepang tersebut terdapat di atas dari pemandian air panas Cangar tersebut, yang kira-kira jaraknya sekitar 30 menit jika berjalan sampai goa tersebut. Sampai sekarang pun belum ada penjelasan mengapa disebut dengan nama goa Jepang, mungkin salah satu alasannya disebut dengan nama goa Jepang dikarenakan pada saat itu buat oleh para tantara Jepang pada masa penjajahannya dahulu. Kedalaman goa jepang ini tidak terlalu dalam, bisa disebut juga dengan dangkal, karena kedalamannya hanya sekitar kurang lebih 10 meter kedalamannya.