Awesome Image
Dok. Ditemukan di Blok Sendi ketinggian 1200 mdpl
19 Februari 2020

Burung Pelanduk Bukit dan Habitatnya di Tahura Raden Soerjo

Alam Taman Hutan Raya Raden Soerjo memiliki burung kicauan jumlah yang cukup banyak. Namun, sangat banyak juga jenis burung kicauan yang belum diketahui banyak orang.

Meningkatnya gangguan perburuan burung kicauan yang ada di alam Tahura Raden Soerjo, salah satu penyebab yang serius terhadap penurunan populasi burung kicauan.

Oleh sebab itu, banyak dari spesies burung kicau bertubuh kecil yang ada mulai terancam punah. Burung Pelanduk Bukit (Trichastoma pyrrogenys) adalah salah satu dari jenis burung pengicau endemik yang keberadaannya di alam Tahura raden Soerjo sudah mulai terancam punah.

Ciri khas burung pelanduk bukit ini pastinya sesuai dengan namanya, yaitu habitat alam bebas berupa semak - semak yang bentang alamnya pegunungan dan berbukit.

Suara dari kicauan burung pelanduk bukit ini memiliki suara kicauan yang terdengar sangat khas dan berbeda dengan suara kicaun dari jenis burung kicau lainnya, yang mana pada saat burung jantan berkicau akan terdengar lantang dengan nada yang keras akan tetapi lebih di ulang - ulang dengan kata lain monoton.

Burung pelanduk bukit memiliki postur tubuh yang kecil kurang lebih 14 cm, berwarna coklat kemerahan. Mahkota coklat keabu-abuan; tubuh bagian atas coklat kemerahan dan bagianbawah putih dengan garis merah karat, paruh agak hitam dan kaki coklat.