Berita

Berhasil Dipadamkan Kebakaran di Lereng Gunung Arjuno

Tahuraradensoerjo.or.id – “Kami akan sisir usai kebakaran. Untuk bara api, berdasarkan pertimbangan tim, kondisi sudah aman dan dipastikan yang terbakar adalah lantai hutan dengan serasah daun cemara kering”

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) – Kebakaran hutan kurang lebih seluas 40 hektare yang terjadi di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo atau Lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, berhasil dipadamkan pada Senin.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi, di Kota Batu, Jatim, mengatakan bahwa kebakaran berhasil dipadamkan kurang lebih pada tengah hari, dengan lokasi kebakaran pada Blok Gentong Growah, Gunung Arjuno.

“Api sudah berhasil dipadamkan, lokasi kebakaran pada Blok Gentong Growah kurang lebih seluas 40 hektare,” kata Wahyudi, kepada ANTARA, Senin.

Ia menjelaskan, kebakaran yang terjadi di Lereng Gunung Arjuno tersebut, memiliki tipe kebakaran lantai hutan. Bagian yang terbakar adalah serasah dari daun cemara yang menumpuk dan kering pada saat musim kemarau.

Menurut dia, luasan lahan yang terbakar diperkirakan 40 hektare. Pihaknya akan memastikan dengan mengirimkan tim yang akan menyisir lokasi setelah kebakaran untuk memastikan kondisi aman dan besaran area yang terbakar.

“Kami akan sisir usai kebakaran. Untuk bara api, berdasarkan pertimbangan tim, kondisi sudah aman dan dipastikan yang terbakar adalah lantai hutan dengan serasah daun cemara kering,” katanya.

Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang ditengarai mulai terjadi pada Minggu (28/7) kurang lebih pukul 9.30 WIB. Para pendaki yang pada saat kejadian berada di Gunung Arjuno, semuanya telah dievakuasi dan selamat.

“Semua pendaki, pada Senin (29/7) kurang lebih pukul 10.00 WIB, sudah lapor turun di Pos Sumberbrantas,” kata Ahmad Wahyudi.

Dalam upaya untuk memadamkan api yang melalap lereng Gunung Arjuno tersebut, diterjunkan 15 orang dari Posko Sumberbrantas, 10 personel Tahura Raden Soerjo, dan 10 orang relawan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mendukung persiapan logistik dan tenaga cadangan pada Posko Sumberbrantas, dan tambahan personel dari Palang Merah Indonesia (PMI).

SUMBER : https://www.antaranews.com/berita/982296/berhasil-dipadamkan-kebakaran-di-lereng-gunung-arjuno

admin

Recent Posts

Cara Agar Tidak Terlihat Online di GB WhatsApp

Tahuraradensoerjo.or.id - GB WhatsApp telah menjadi salah satu alternatif populer untuk WhatsApp resmi dengan menawarkan…

3 minggu ago

Cara Mencadangkan Pesan WA GB (WhatsApp GB)

Tahuraradensoerjo.or.id - Hai, Sobat Gadgeters! WhatsApp GB (GBWhatsApp) mungkin jadi pilihan favorit buat sebagian dari…

1 bulan ago

Kenapa Sinyal XL Jelek Hari Ini? Ternyata Ini Penyebabnya

Tahuraradensoerjo.or.id - Seiring dengan perkembangan teknologi, koneksi seluler telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.…

2 bulan ago

3 Cara Mendapatkan Uang Melalui ClipClaps Apk, Mudah Banget!

Pernah mendengar ClipClaps Apk? Ini juga salah satu aplikasi penghasil uang cukup populer saat ini…

3 bulan ago

Download FMWhatsApp [FM WA] Terbaru Resmi Bebas Iklan

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Namun, pengguna seringkali…

5 bulan ago

Kunjungan Ibu Gubernur Jawa Timur Dalam Kegiatan Sambung Roso “Gotong Royong Merawat Hutan”

Tahuraradensoerjo.or.id - Kunjungan kegiatan pada hari ini dalam rangka “Sambungroso Gotong Royong Merawat Hutan sekaligus…

2 tahun ago